This is an outdated version published on 2021-03-04. Read the most recent version.

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS V SD NEGERI 4 PEUSANGAN

Authors

  • Marzuki Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Al Muslim
  • Rita Warlina Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Al Muslim

Abstract

Setiap proses pembelajaran diharapkan kompetensi tercapai, dalam mengembangkan pengetahuan, guru selalu berinovasi, namun inovasi tidak terjadi diakibatkan keterbatasan media. belum maksimal belajar mengajar, rendahnya partisipasi siswa mengikuti proses pembelajaran. Penerapan model kooperatif tipe pair check menggunakan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok kelas V SD Negeri 4 Peusangan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui pretest dan post test, observsi wawancra dan catatan lapangan. Untuk keabsahan data dilakukan member chcek dan triangulasi tiga sudut pandang.  Data dianalisis menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian penggunakan model kooperatif tipe pair check dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas, motivasi dan siswa merespon aktivitas belajar

Kata Kunci: model kooperatif tipe pair check, media konkret

 

Published

2021-03-04

Versions