PERSEPSI GURU KELAS MENGENAI PROSES PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 16 BIREUEN
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang “Persepsi Guru Kelas Mengenai Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri 16 Bireuen”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru kelas mengenai proses pembelajaran dalam jaringan (daring) pada masa pandemi covid-19 dan faktor faktor penghambat dan pendukung dalam proses pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru kelas pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan metode deskriptif kualitatif dengan teknik sampling purposive. Subjek penelitian adalah 6 orang guru kelas yang terdiri dari guru kelas I sampai guru kelas VI. Instrument penelitian adalah angket terbuka dan lembar wawancara guru dan teknik pengumpulan data yaitu dengan memberikan angket kepada guru, mewawancarai guru dan dokumentasi penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah pandemi covid-19 memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap proses pembelajaran. Pembelajaran yang biasa dilakukan dengan tatap muka disekolah kini beralih kepada pembelajaran daring, yang membuat siswa merasa kurang nyaman dalam pembelajaran. Pembelajaran daring dilakukan pada siswa SD dinilai kurang efektif oleh guru. Adapun faktor pendukung guru dalam proses pembelajaran yaitu adanya Handphone Android, jaringan internet yang stabil dan kuota internet serta pulsa. Selain faktor pendukung ada juga faktor penghambat pembelajaran yaitu tidak semua siswa/orang tua siswa mempunyai Handphone Android dan kesibukan orang tua dalam bekerja sehingga guru susah untuk menilai perkembangan siswa yang mengakibatkan belum adanya peningkatan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Persepsi, pembelajaran daring, faktor penghambat dan faktor pendukung.