UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 7 SAWANG PADA MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHARE (TPS)

Authors

  • Zikri Universitas Al-Muslim
  • Asrul Karim Universitas Al-Muslim

Abstract

Bangun Datar merupakan salah satu materi matematika yang harus dikuasai siswa SD, namun kenyataannya materi ini sulit dikuasai, hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang dilakukan guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, akibatnya hasil belajar siswa pada materi tersebut masih rendah. Oleh karena itu, penulis penulis ingin melakukan pembelajaran bangun datar dengan model Think Pairs Share (TPS) di Kelas IV SD Negeri 7 Sawang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif denganm jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang siswa. Data dikumpulkan melalui tes, observasi wawancara dan catatan lapangan. Data diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif Tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Hasil tes akhir siklus 1 30% siswa tidak tuntas, dan pada tes akhir siklus II 80% siswa mengalami ketuntasan. Sehingga mengalami peningkatan 50%. Hasil observasi kegiatan guru pada siklus I diiperolah presentase rata-rata 84% dan pada siklus II 86% atau termasuk ke dalam kategori baik. Sehingga mengalami peningkatan 2%. Hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I diperoleh presentase rata-rata 89%  dan pada siklus II 86%  termasuk kedalam kategori baik. Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif Tipe TPS adalah positif siswa menyatakan senang mengikkuti materi bangun datar.

Published

2021-09-30