UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains siswa pada materi perpindahan kalor di kelas V SD Negeri 8 Bireuen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa pada materi perpindahan kalor. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 8 Bireuen dengan jumlah 21 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model PBL dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Hal ini ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 43% dan pada siklus II sebesar 86% peningkatan terjadi sebesar 43%. Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi perpindahan kalor berlangsung dengan baik. Hal ini terlihat dari observasi, untuk aktivitas guru siklus I memperoleh persentase 71,31% dan siklus II memperoleh persentase 87,77%. Sedangkan aktivitas siswa siklus I memperoleh persentase 72,21% dan siklus II memperoleh persentase 89,16%. Hasil angket respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran PBL pada materi perpindahan kalor dapat diketahui bahwa siswa yang sangat setuju 81%, yang setuju 14%, yang kurang setuju 4% dan yang tidak setuju hanya 1%. Maka dengan penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran siswa kelas V SD Negeri 8 Bireuen.