UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 8 KUTA BLANG PADA MATERI PENGUKURAN BERAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI)
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi Pengukuran Berat sehingga aktivitas guru, siswa serta respon terhadap pembelajaran belum optimal. Hal tersebut terjadi pada materi Pengukuran Berat sebagai dasar masalah di kelas III SD Negeri 8 Kuta Blang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas guru, aktivitas siswa, dan respon siswa melalui pembelajaran Group Investigation (GI) pada materi Pengukuran Berat di kelas III SD Negeri 8 Kuta Blang. Pendekatan ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Sedangkan sumber data penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 8 Kuta Blang yang berjumlah 20 orang siswa. Data diperoleh melalui tes hasil belajar, hasil observasi yang meliputi hasil observasi kegiatan guru, siswa, dan respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pengukuran Berat. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siklus I yaitui 65% meningkat pada siklus II menjadi 90% dan mengalami peningkatan sebesar 25%. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor persentase rata-rata 91,66% meningkat pada siklus 11 menjadi 94,16% dan mengalami peningkatan sebesar 4,17%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor persentase rata-rata 90,83% meningkat pada siklus II menjadi 94,16% dan mengalami peningkatan sebesar 3,33%. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model Group Investigation (GI) cukup baik, siswa merasa senang belajar dengan menggunakan model Group Investigation (GI) sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.