UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI METODE BERMAIN BILAH BAMBU DAN KARDUS PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 9 PEUSANGAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas IV di SD Negeri 9 Peusangan sebagian besar hasilnya masih di bawah KKM. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran lompat jauh melalui metode bermain bilah bambu dan kardus pada siswa kelas IV SD Negeri 9 Peusangan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dan dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan dengan tahapan, perancanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri 9 Peusangan pada semester I Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 8 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah tes unjuk kerja, lembar observasi aktifitas guru dan siswa, angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode bermain bilah bambu dan kardus dapat meningkatkan pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas IV di SD Negeri 9 Peusangan. Berdasarkan hasil observasi, terlihat adanya peningkatan hasil evaluasi pada siklus 1 sebesar 50% yang mendapatkan nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan pada siklus 2 meningkat 75% siswa yang nilainya diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
References
AB, Suid, dkk. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri pada Subtema Gerakan dan Gaya terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 16 Banda Aceh. Banda Aceh: Jurnal Pesona Dasar. Vol. 3, No. 4: 73-83.A.
Widya, Mochamad Djumidar. 2004. Gerak-Gerak Dasar Atletik dalam Bermain. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Bekti, Wulandari. 2013. Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178- 191.
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Hutagalung, Tama Ristauli. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku melalui Model Pembelajaran Gal’perin di Kelas IV-B SD Negeri 152979 Pandan I T.P. 2019/2020. Journal ESTUPRO Vol.6 No.2 Juni 2021. Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan.
Kristiyanto, Agus. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surakarta: UNS Press.
Lufthansa, L. 2017. Model Pembelajaran Atletik Nomor Lempar Lembing Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Keolahragaan. Vol. 5 No. 1, 39- 49. UNY.
Purnomo, Eddy & Dapan. 2011. Dasar-Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta. Alfamedia.
Rahman, Hibama S. 2002. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Galah.
Shandro Yuan Primayana. 2014. Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran keterampilan atletik dengan menggunakan metode bermain pada kelas X NKPI 2 SMK Negeri 4 Probolinggo. Thesis. Universitas Negeri Malang.
Siregar, Evelin dan Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugihartono, dkk. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Y. Warsiyanti. 2018. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain Lompat Tali pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pendidikan Indonesia Vol. 5, No. 1: 35 – 42.
Yamin, Martinis. 2005. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.
Zainuri, Kurnia. 2020. Peningkatan Hasil Pembelajaran Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain Longu pada Siswa Kelas IV SDN 37 Ampenan. Jurnal Paedagogi Vol. 7, No. 1: 179 - 187.