KETERAMPILAN BERHITUNG PERKALIAN BILANGAN BULAT POSITIF DAN BILANGAN BULAT NEGATIF DENGAN MEDIA GARIS BILANGAN

Authors

  • Hayatun Nufus SD Negeri 14 Simpang Mamplam

Abstract

Mata Pelajaran Matematika merupakan salah satu bidang studi kurikuler di tingkat Sekolah Dasar (SD). Karena rendahnya pemahaman siswa terhadap pelajaran ini khususnya materi perkalian bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif di Kelas VI SD Negeri 14 Simpang Mamplam, penulis melakukan Penelitian. Penelitian dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus pembelajaran.  Fokus Penelitian ditekan pada peningkatan kemampuan siswa dibidang perkalian bilangan bulat serta peningkatan kemampuan guru menggunakan media garis bilangan. Kegiatan penelitian dilaksanakan di SD Negeri 14 Simpang Mamplam semester I Tahun Ajaran 2021/2022 pada siswa Kelas VI yang berjumlah 15 siswa, terdiri dari 6 laki -laki dan 9 perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi perkalian bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif dengan menggunakan media garis bilangan. Setelah dilakukan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media garis bilangan, hasil dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dari data yang dikumpulkan, pada kegiatan pembelajaran prasiklus dari 15 siswa yang mendapat nilai A (sangat baik) tidak ada, yang mendapat nilai B (baik) ada 2 siswa atau 13%, nilai C (cukup) ada 2 siswa atau 13%, nilai D (kurang) ada 4 siswa atau 27% dan nilai E (sangat kurang) ada 7 siswa atau 47 %.

References

Anitah S.W; dkk. (2009) Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Karso, dkk (2011) Pendidikan Matematika I.Jakarta: Universitas Terbuka

Margono, 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta Rineksa Cipta

Melvin. L. Siberman. 2004.Active Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif . Bandung Nusamedia dan Nuansa.

Musfah,Jejen,2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta : Kencana

Mulyani S,Syaodih N (2009) Perkembangan Peserta Didik.Jakarta: Universitas Terbuka

Muhsetyo G,dkk (2012) Pembelajaran Metematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Nur, Moh. 2001.Pemotivasian Siswa Untuk Belajar.SurabayaUniversity Press Universitas Negeri Surabaya.

Sardjiyo, Sugandi D, Ischak (2009) Pendidikan IPS di SD. Jakata: Universita Terbuka

Taufik A, Mikarsa H L, Prianto P L. ( 2012) Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Winataputra U S; dkk. (2008) Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka

Wardhani IGAK, Wihardit Kuswaya (2011) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Published

2022-03-31