PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MELAKUKAN GERAKAN LOMPAT JAUH MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMODELAN (MODELLING) DI KELAS V SD NEGERI 14 SIMPANG MAMPLAM KABUPATEN BIREUEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Hendro Nursusilo SD Negeri 14 Simpang Mamplam

Abstract

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari adalah (1) hasil tes, (2) hasil observasi (3) hasil wawancara dengan responden penelitian. Sedangkan yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 14 Simpang Mamplam kabupaten Bireuen tahun pelajaran 2021 / 2022  yang berjumlah 14 orang. Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian yang telah penulis lakukan di kelas V SD Negeri 14 Simpang Mamplam kabupaten Bireuen tahun pelajaran 2021 / 2022  kemampuan siswa dalam melakukan gerakan lompat jauh dapat ditingkatkan melalui penerapan strategi pemodelan (modelling). Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan belajar yang diperoleh oleh siswa, dimana pada tes awal diperoleh persentase ketuntasan belajar sebanyak 21,43% meningkat menjadi 64,29% pada pelaksanaan siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 85,71% pada pelaksanaan siklus II. Selanjutnya ditinjau dan hasil observasi yang dilakukan oleh 2 pengamat menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan strategi pemodelan (modelling). Hasil observasi terhadap kegiatan guru dan siswa pada pelaksanaan siklus I diperoleh persentase rata-rata adalah 75%, dan pada siklus II diperoleh persentase rata-rata adalah 83%.

References

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA

Guardian, 2014. Pengertian , Teknik, dan Gaya dalam Lompat Jauh (online) http:// guardians2504.blogspot.co.id, diakses 19/11/2021

Margaretha, 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : Regina

Moleong, J. Lexy, 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurhadi, dkk.2004. PembelajaranKontektual.Malang : Universitas Negeri Malang

Nuryatin, Agus. 2010. Strategi Pembelajaran Aktif. Rembang: Yayasan Adhigama

Sanjaya, Wina.2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Fajar Interpratama Offset

Sadida, Muhammad Yusuf Zakka. 2011. Analisa Plus Minus Teknik Pembelajaran Pemodelan (online) http://wajahpendidikan.blogspot.com, diakses 20/11/2021.

Salirawati. 2010. Teknik Analisis Data Dalam PTK, Yogyakarta : FMIPA UNY

Sosilo. 2009. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrukvistik, Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher

Usman, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Darussalam : Banda Aceh

Wangsa. 2013. Teknik Dasar Lompat Jauh (online) http://www.penemuanterbaru.com, diakses 21/11/2021

Zainal, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Yrama Widaya

Published

2022-03-31