UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DI KELAS V SD NEGERI 7 GANDAPURA
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, respon siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan dua pecahan berpenyebut berbeda di kelas V SD Negeri 7 Gandapura melalui penerapan pendekatan problem solving. Pendekatanyang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini mecakup data hasil, data aktivitas dan data respon siswa, sumber data yaitu siswa kelas V berjumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pendekatan problem solving yang dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Hasil tes siklus I 63,63% tuntas meningkatkan pada siklus II menjadi 90,90% dan ini mengalami peningkatkan sebesar 27,27%. (2) Pendekatan problem solving dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Hasil obsrevasi dua orang pengamat menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I 80% meningkat pada siklus II menjadi 96,92%. Aktivitas siswa pada siklus I 76,92% meningkat pada siklus II menjadi 96,92%. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan problem solving dapat meningkatkan hasil serta aktivitas belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas V SD Negeri 7 Gandapura.
References
Djamarah, S. B., dan Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Ineke Cipta,.
Dalyono. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto, M. N. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mbulu, J. 2001. Pengajaran Individual, Malang : Yayasan Elang Emas
Djamarah, Dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Banjarmasin : Reneka Cipta
Sanjaya, W. 2006. Strategi pembelajaran. Bandung : kencana
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara
Suryadi, D. 2001. Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. UPI Majalengka :Depdikbud
Rusyan, A,T. 2004. Pedoman Mengajar Matematika Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Intimedia
Subana M, S. 2001. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah, Bandung : Pustaka Setia
Zainal, Dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Drama Wijaya
Suhardjonno. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara