PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGNNYA DI KELAS IV SD NEGERI 3 SAMUDERA
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep belajar siswa dimana hal ini disebabkan oleh proses beajar mengajar yang masih monoton sehingga aktivitas guru dan sisw dalam pembelajaran rendah, maka dengan menerapkan pembelajaran Group Investigation dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar mengajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Samudera menerapkan pembelajaran Group Investigation pada materi makhluk hidup dan lingkungannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Data dan sumber data dalam penellitian ini adalah hasil tes siswa, hasil observasi kegiatan siswa dan guru sumber data adalah siswa yang berjumlah 20 siswa di kelas IV SD Negeri 3 Samudera. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes, observasi, dan angket. Hasil tes siklus I siswa 65% tuntas dan pada siklus ke II 95% siswa tuntas. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan I memperoleh skor persentase 76% dan pada pertemuan kedua 83%. Sedangkan pada siklus ke II pertemuan I memperoleh skor persentase 91% dan pada pertemuan ke II 95%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I memperoleh skor persentase 70% dan pada pertemuan kedua 75%. Sedangkan pada siklus ke II pertemuan I memperoleh skor persentase 80% dan pada pertemuan ke II 91%. Respon siswa dengan menggunakan Pembelajaran Group Investigation mendapat respon dengan kriteria sangat baik yaitu 90% siswa menjawab senang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 3 Samudera.
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Isjoni. 2009. Pembelajaran kooperatif. Yogyakarta:Pustaka pelajar
Isjoni. 2010. Cooperatif Learning, Evektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung.
Sulistiorini S. Hakikat Pembelajaran IPA. Bandung: Alfabeta. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sudjana, N. (2006). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progretif: Konsep, Landasan Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group