PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS IV SD NEGERI 2 KUALA

Authors

  • Miftahul Husna Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim
  • Marzuki Marzuki Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat serta rendahnya aktivitas guru dan siswa merupakan suatu masalah yang mendasar di SD Negeri 2 Kuala. Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa (2) peningkatan aktivitas guru dan siswa, (3) respon siswa melalui model pendekatan saintifik. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Kuala dengan jumlah 24 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan angket respon siswa. Data yang dikumpulkan meliputi data hasil belajar siswa, aktivitas guru, aktivitas siswa dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus pertama dengan ketuntasan 54,16% menjadi 87,50% pada siklus kedua, (2) aktivitas guru mengalami peningkatan siklus pertama 77,64% menjadi 90,58% pada siklus kedua, (3) aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus pertama 74,11% menjadi 88,23% pada siklus kedua, (4) respon siswa kelas IV SD Negeri 2 Kuala dalam pembelajaran pada materi bilangan bulat melalui model pendekatan saintifik pada dua siklus secara umum siswa memberikan respon sangat senang dengan persentase rata-rata 63,125% yang senang hanya mencapai 30,625%, yang kurang senang 3,75%, dan yang tidak senang dengan persentase 2,5%. Dengan demikian model pembelajaran pendekatan saintifik dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran siswa kelas IV SD Negeri 2 Kuala.

References

Arikunto, S. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafiks Offset.

Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran, bandung: alfabeta CV

Dimyanti A. 2007. Media Pembelajaran, Jakarta: PT Rajagrafindo persada.

Djamarah, S. B. dan Aswan, Z. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slamento. 2003. Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta

Published

2022-09-30