PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KPK DAN FPB KELAS IV SD NEGERI 4 PEUSANGAN
Keywords:
Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division, Hasil Belajar, KPK dan FPBAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar, aktivitas guru dan siswa, dan respon siswa kelas IV SD Negeri 4 Peusangan. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa, untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa serta untuk mengetahui respon siswa pada materi KPK dan FPB melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division dikelas IV SD Negeri 4 Peusangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Peusangan yang jumlah siswa 22 orang, pengumpulan data dilakukan teknik tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan Tipe Student Team Achievement Division dapat meningkatkan: (1) hasil belajar siswa. Tes akhir tindakan I sebanyak 86,36% siswa tuntas meningkat pada tindakan II menjadi 90,90%, (2) aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Pada tindakan I aktifitas guru 83,33%, meningkat pada tindakan II menjadi 91,66%, sedangkan aktifitas siswa pada tindakan I 82,22%, meningkat pada tindakan II menjadi 90,55%, (3) respon siswa dikelas IV SD Negeri 4 Peusangan sangat baik pada materi KPK dan FPB dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division. melalaui penerapan pembelajaran model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division pada materi KPK dan FPB menunjukan hasil yang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari antusias siswa dalam peroses pembelajaran yang sedang berlangsung serta jawaban positif dari hasil wawancara terhadap siswa kelas IV SD Negeri 4 Peusangan.