UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT BENDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY DI KELAS IV SD NEGERI 4 JANGKA
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang peneliti lakukan di SD Negeri 4 Jangka diperoleh bahwa dalam pembelajaran IPA di kelas IV guru masih menggunakan metode ceramah. Akibatnya, rata-rata siswa memperoleh hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu metode pembelajaran Discovery. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa, serta respon siswa kelas IV SD Negeri 4 Jangka melalui metode pembelajaran Discovery pada materi sifat-sifat benda. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Jangka yang berjumlah 21 orang siswa. Setelah data terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistik persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa: 1) Penggunaan metode Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Jangka pada materi sifat-sifat benda. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah siswa yang tuntas dalam belajar yaitu pada siklus I 66,67% dan meningkat menjadi 90,47% pada siklus II 2) Penggunaan metode Discovery dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Jangka pada materi sifat-sifat benda. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh data pada siklus I aktivitas guru sebesar 83,80% dan aktivitas siswa 77,61%. Sedangkan aktivitas guru pada siklus II sebesar 93,33% dan aktivitas siswa sebesar 93,33% dan 3) respon siswa melalui metode Discovery IV SD Negeri 4 Jangka pada materi sifat-sifat benda menunjukkan hasil yang sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat benda serta aktivitas guru dan siswa sudah berlangsung dengan baik serta mendapatkan respon yang baik dari siswa.
References
Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati, M. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.
Djamarah, dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : PT Rineka Cipta.
Haryanto. 2008. Sains Untuk Sekolah DasarKelas V. Jakarta. Erlangga.
Hasbullah. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Istarani. 2012. 56 Kumpulan 39 Metode Pembelajaran. Jakarta : CV. Iscom Medan.
Khadijah. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Ciptapustaka Media.
M. Thobroni. 2016. Belajar dan Pembelajaran Teori Praktik. Yogyakarta: Ar.Ruzz Media.
Moleong, L. J. 2009. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Roestiyah, 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Sagala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.
Sudjiono. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sulistyanto. 2008. Dasar-Dasar Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Remaja Rosda Karya.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Widodo. 2008. Alamku Sains 5 Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.