UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DRILL PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 24 PEUSANGAN

Penulis

  • Husnaini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim
  • Ety Mukhlesi Yeni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan yaitu hasil belajar siswa masih kurang memuaskan, siswa kesulitan memahami dan mencari perhitungan penjumlahan pecahan dalam soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan pemahaman konsep siswa, aktivitas siswa dan guru serta respon siswa dengan menggunakan metode drill materi operasi hitung pecahan pada mata pelajaran  matematika siswa  kelas V SD Negeri 24 Peusangan. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 24 Peusangan yang berjumlah 19 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan  adalah  Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat peningkatan Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 24 Peusangan dengan menggunakan metode drill materi operasi hitung pecahan hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan pada siklus I yaitu 52,63%, dan meningkat menjadi 94,66% pada siklus II. Aktivitas guru dan siswa kelas V SD Negeri 24 Peusangan dengan menggunakan metode drill materi operasi hitung pecahan yaitu pada aktivitas guru diperoleh persentase sebesar 75,83% (kategori cukup) meningkat menjadi 96,66% (kategori sangat baik) dan berjalan sebagaimana mestinya. Sedangkan aktivitas siswa diperolehan persentase pada siklus I yakni 76,66% (kategori cukup), pada siklus II meningkat menjadi 98,33% (kategori sangat baik). Angket respon siswa diperoleh bahwa umumnya siswa sangat setuju dan setuju terhadap kegiatan pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Hal ini terbukti bahwa sebesar 87% siswa menyatakan sangat setuju.

Referensi

Abu Ahmad. 1986. Metode Khusus Pendidikan Agama. Bandung: CV. Amrico.

Agus Suprijono. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Agus Suprijono. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. Vol. 03 No. 2 Desember 2017. e-ISSN : 2460-2345, p-ISSN: 2442-6997. Web: jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

http://directory.umm.ac.id/Labkom_ICT/math/sem_2/Kapita%20SMP/BAB-I-BILANGAN-BULAT.pdf

https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/viewFile/4154/3643

Mila Sari, (2017) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Drill And Practice Terhadap Aktivitas Belajar Siswa (Studi Kasus Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum Kelas X SMAN 5 Kota Sukabumi Tahun Ajaran 2015-2016). Skripsi(S1) Thesis, Fkip Unpas.

Nida Wahyuni. 2016. Penggunaan Metode Drill Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Volume 02, Nomor 1 ISSN 2443-1109

Noviyana Sari, Maryatun. 2016. Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kelas X Semester Genap Smk Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. JURNAL PROMOSI |JurnaCPendidikan Ekonomi UM Metro. e-ISSN : 2442-4994 V0C4. N0.2 (2016) 69-77. p-ISSN: 2337-4721

Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rudi, Anthonius Palimbong, dan Jamaludin. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas V SDN Osan. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 3. ISSN 2354-614

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme. Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sagala, Syaiful., (2011), Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suyanto, dan Asep Jihad.2013.Menjadi Guru Profesional, Strategi meningkatkan. Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta : Esensi Erlangga. Group.

Sutiah. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Drill Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Dan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Sdn 165726 Tebing Tinggi ESJ VOLUME 5, NO. 1, JUNI 2016 p-ISSN 2407-4934. e-ISSN 2355-1747

Wahyudin. 2010. Materi Pembelajaran Matematika Kelas Rendah. Bandung: Penerbit Mandiri

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-30