UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA MENENTUKAN IDE POKOK DALAM TEKS MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS V SD NEGERI 12 BIREUEN
Abstract
Menentukan ide pokok dalam teks adalah salah satu materi Bahasa Indonesia yang diajarkan pada siswa SD Negeri 12 Bireuen. Kenyataannya dalam pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri 12 Bireuen masih banyak siswa yang kurang memahami materi menentukan ide pokok dalam teks. Hal ini, tentu saja sangat berhubungan dengan rendahnya keterampilan membaca, aktivitas serta respon siswa. Untuk mengatasi hal tersebut maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan keterampilan membaca menentukan ide pokok dalam teks di SD Negeri 12 Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini adalah nilai hasil tes setiap akhir siklus, hasil observasi dan hasil wawancara. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 12 Bireuen yang berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes mendapatkan hasil 64% pada siklus I termasuk kategori kurang dan 100% pada siklus II termasuk kategori sangat baik. Hasil observasi rata-rata aktivitas guru siklus I sebesar 86,87% termasuk kategori baik dan siklus II sebesar 96,25% termasuk kategori sangat baik, sedangkan rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 85,62% termasuk kategori baik dan siklus II sebesar 95,25% termasuk kategori sangat baik. Hasil wawancara dengan 3 orang siswa, yang terdiri 1 orang yang kategori pintar, 1 orang yang kategori sedang, dan 1 orang yang kategori rendah diperoleh respon sangat baik. Maka kesimpulannya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) mampu meningkatkan keterampilan siswa, meningkatkkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, serta respon siswa kelas V pada materi menentukan ide pokok dalam teks di SD Negeri 12 Bireuen sangat baik (positif).
References
Abdul Mutaleb dan Isthifa Kemal. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Membaca Siswa Kelas V Sd Negeri 10 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara. ISSN 2355-0066 Jurnal Tunas Bangsa
Agni Era Hapsari. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 7 No 1, Januari 2017: 1 – 9
Amini. (2013), Penelitian Pendidikan. Medan : Perdana Publishing
Arikunto Suharsimi Suhardjono Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Bukhari. 2010. Keterampilan Berbahasa, Membaca dan Menulis. Banda Aceh: Yayasan Pena Banda Aceh
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Ezi, Fitriani. 2014. Perbandingan Model Pembelajaran Kooperaif Numbered Head Together (NHT) Dengan Konvensional Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ketenagakerjaan di Kelas VIII SMP Negeri 2 Jangka. Jurnal Sains Ekonomi dan Edukasi Vol. II Nomor. 2
Ida Yeni Rahmawati. 2016. Analisis Teks Dan Konteks Pada Kolom Opini “Latihan Bersama Al Komodo 2014” KOMPAS Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5.
Rapita. 2018. Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Melalui Model Pembelajaran One To One Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Bastem. Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra. Volume 3 Nomor 2. Halaman 59.
Rusman. 2010. Model Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta Kencana Prenada Media Group