UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVENMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 7 BANDA SAKTI PADA MATERI DAMPAK PENGAMBILAN BAHAN ALAM TERHADAP PELESTARIAN LINGKUNGAN
Abstract
Rendahnya hasil belajar dan aktivitas guru dan siswa serta rendahnya respon siswa dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan merupakan suatu masalah yang mendasar di kelas IV SD Negeri 7 Banda Sakti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar, mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, dan untuk mengetahui respon siswa pada materi dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan melalui model pembelajaran STAD di kelas IV SDN 7 Banda Sakti. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data yaitu 17 siswa kelas IV SDN 7 Banda Sakti. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan angket. Data diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan di kelas IV SD Negeri 7 Banda Sakti. Hasil belajar siswa kelas IV SDN 7 Banda Sakti yang diperoleh pada siklus I 59% meningkat pada siklus II menjadi 88% dan mengalami peningkatan sebesar 29%. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 85% meningkat pada siklus II menjadi 93% dan mengalami peningkatan sebesar 8%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 87% meningkat pada siklus II menjadi 95% dan mengalami peningkatan sebesar 8%. Respon siswa terhadap pembelajaran sudah cukup baik, dimana yang menyatakan setuju sebesar 90% dan yang menyatakan tidak setuju sebesar 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 7 Banda Sakti pada materi dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan, aktivitas guru dan siswa sudah berlangsung dengan baik serta mendapatkan respon yang baik dari siswa.
References
Aunurrahman.2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Asih Wiji dan Sulistiowati Eka.2014. Metodelogi Pembelajaran Ipa. Jakarta. PT: Bumi Aksara
Budi Ningsih.2005. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Fathurrahman.M.2015.Model-model Belajar Inovatif. Yogyakarta:Ar-Ruzzmedia
Haryanto.2006.Sains Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta. Erlangga
Hamalik 2011.Proses Belajar Mengajar.Jakarta: PT Bumi Aksara
Hidayah Nur 2013. Panduan Praktis Penyusunan dan Pelaporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Jakarta: PT Prestasi Pustakarya
Istarani 2014.50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan:CV Media Persada
Komang Ni Junmalini.2017 Penerapan Model STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV
Kadir Abdul dkk.2012 Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta.Kencana Prenada Media Grup.
Maidiyah, Usman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kanisius.
Rosnawati.2014.Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA dikelas 4 SDN 03 Tambun Toli-Toli
Riansari ira. 2013. Tema 9 Kaya Nya Negeriku Kelas 4.Sukoharjo. CV Hasan Pratama
Riansari Ira. 2013. Tema 6 Cita-Cita Ku Kelas 4. Sukoharjo. CV Hasan Pratama
Sudijono. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Slameto.2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta:PT Rinneka Cipta
Suprijono Agus.2011.Cooperatif Learning.Yogyakarta.Pustaka Belajar
Slavin E Robert. 2015. Cooperatif Learning.Bandung.Nusa Media
Sukidin. 2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Insan Cendikia.
Widodo.2004. Pembelajaran Sains 4. Jakarta. PT. Bumi Aksara