PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIB SD N 28 PEUSANGAN
Abstract
Salah satu permasalahan yang sangat utama di SD N 28 Peusangan adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa. Hal ini dikarenakan siswa masih kesulitan memahami beberapa materi matematika yang diajarkan guru, salah satunya adalah pada materi bangun ruang dimana siswa sulit memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti telah melaksanakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) agar pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa dapat bertukar pendapat dengan kawannya sehingga mampu menyelesaikan permasalahan matematika dan nilai matematika menjadi lebih baik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) khususnya pada materi bangun ruang di SD N 28 Peusangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIB SD Negeri 28 Peusangan tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 38 siswa. Skor persentase siklus I yaitu hanya 73,68% yang mendapat nilai , sedangkan hasil observasi terhadap kegiatan peneliti dan siswa adalah 77,5% dan 87,5%. Pada siklus II berdasarkan hasil tes telah mencapai 86,84% siswa yang mendapat nilai dan hasil observasi terhadap kegiatan peneliti dan siswa yaitu 92,5% dan 82,5%. Jadi berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). CV Yrama Widya: Bandung.
Hamzah, Ali. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Raja Grafindo Persada Permatasari: Jakarta.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Ruseffendi, ET. 1980. Pengajaran Matematika Modern. Tarsito: Bandung
Slavin, Robert E. 2009. Cooperatif Learning: Teori, Riset, dan Praktik. (Alih bahasa: Nurulita). Nusa Media: Bandung.
Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Wiriatmaadja, R. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Remaja Rosdakarya: Bandung.