PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELEGENCES SEBAGAI POTENSI ANAK USIA DINI

Authors

  • Cut Intan Hayati FTIK Jurusan PIAUD, IAIN Lhokseumawe
  • Elfiadi FTIK Jurusan PIAUD, IAIN Lhokseumawe

Keywords:

Multiple Intelegences, Potensi, Anak Usia Dini.

Abstract

Anak usia dini merupakan anak yang sedang mengalami masa perkembangan yang sangat pesat. Masa usia dini termasuk usia yang paling potensial untuk mengembangkan kecerdasannya. Kecerdasan jamak (multiple intelegences) merupakan salah satu potensi kecerdasan dapat dimiliki anak sebagai dasar dalam pengembangan dirinya. Pengembangan kecerdasan jamak akan lebih optimal jika dilakukan sedini mungkin yakni sejak usia dini, mengingat usia dini merupakan usia yang sangat menentukan bagi perkembangan anak selanjutnya. Anak yang mampu menguasai beberapa jenis potensi kecerdasan, akan mampu tumbuh dan menjalani proses perkembangan yang optimal sesuai tuntutan tahapan perkembangannya. Pengembangan kecerdasan jamak dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan bermain yang disesuaikan dengan ranah kecerdasannya masing-masing. Dengan memahami jenis dan cara pengembangan kecerdasan jamak, para pendidik maupun orang tua akan lebih mudah dalam melakukan stimulasi pengembangan potensi kecerdasan sesuai dengan yang diharapkan.

Kata Kunci :  Multiple Intelegences, Potensi, Anak Usia Dini

References

Beaty, J.J. 1994. Observing Development of The Young Child. New York: MacMillan Publishing Company.

Djohan. 2005. Psikologi Musik.Yogyakarta: Buku Baik Yogyakarta

Hartati, Sofia. 2007. How to Be a Good Teacher and How to be a Good Mother. Jakarta: Enno Media.

Jamaris, Martini. 2013. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Galia Indonesia.

Magta, Mutiara. 2013. Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Jurnal Pendidikan Usia Dini Pasca UNJ.

Martuti. 2009. Mendirikan dan Mengelola PAUD Manajemen Administrasi dan Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Morrison, George S. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Santrock, John W. 2002. Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Indeks

Sujiono, Yuliani Nurani dan Bambang, Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Sujiono, Yuliani Nurani dan Bambang, Sujiono. 2010. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Yaumi, Muhammad dan Nurdin, Ibrahim. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelegences). Jakarta: Kencana.

Published

2017-03-30