PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 7 BIREUEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJEK BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA

Authors

  • Faizah M. Nur FKIP Prodi PGSD, Universitas Almuslim
  • Fahrunnisa FKIP Prodi PGSD, Universitas Almuslim

Abstract

Kurangnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA khususnya perubahan wujud benda disebabkan kuranya keterampilan berpikir dan belajar siswa.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda, aktivitas guru dan siswa dalam model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), respon siswa dalam model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)di kelas IV SD Negeri 7 Bireuen. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Analisis data dengan rumus penentuan hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I 63,33% menjadi 86,67% pada siklus II. Untuk aktivitas guru pada siklus I 66,79% menjadi 90,50% pada siklus II. Sedangkan pada aktivitas siswa siklus I 77,31% menjadi 93,76%. Untuk respon siswa pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi perubahan wujud benda sudah sangat disukai oleh siswa.

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Nofijanti, Lilik. Baihaqi dkk. 2008. Evaluasi Pembelajaran paket. Surabaya : Lapis PGMI.

Depdiknas. 2002. KBK. Kurikulum dan Hasil Belajar, Kompetensi Dasar Sains SD dan MI. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Dimyati, M. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2005. Kurikulum Dan Makna Pembelajaran. Jakarta: BumiAksara.

Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Iskandar. 2001. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: CV. Maulana.

Kasbolah & Sukaryana, 2001. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Malang: Universitas Negari Malang

Kesuma, dkk. 2010. Contextual Teaching and Learning. Yogyakarta: Rahaya Research and Training.

Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muslich dan Iswati. 2009. Buku Ajar Metodologi Penelitian. Kuantitatif. Airlangga University Press

Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sanjaya, W. 2006. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Fajar Interpratama Offiset,

Sudjana. 2006. Evalusi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suyitno. 2002. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia. Indonesia

Suryosubroto.2002. proses Belajar mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, S. 2006. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Gravindo Persada.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Zaini, 2009. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Center for Teaching Staff Development (CTSD)

Cambell. 2004. Biologi Edisi Kelima Jilid 3. Jakarta: Erlangga

Published

2016-09-30