Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Visual Auditory And Kinesthetic (VAK) Pada Materi Perubahan Wujud Benda

Authors

  • Oujan Saputra Universitas Almuslim
  • Fatma Zuhra Universitas Almuslim

Keywords:

Visual Auditory and Kinesthetic (VAK); perubahan wujud benda; hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan rendahnya hasil belajar IPA dan kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran di SD Negeri 4 Gandapura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa menggunakan model pembelajaran Visual Auditory and Kinesthetic (VAK) berbantuan media visual pada materi perubahan wujud benda di kelas IV SD Negeri 4 Gandapura. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Gandapura yang berjumlah 15 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu soal tes, lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud bendatergolong dalam kategori baik pada siklus I persentase sebesar 47% dan yang tidak tuntas sebesar 53% sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan sebesar 87% dan hasil yang tidak tuntas sebesar 13% peningkatan terjadi sebesar 40%. Aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran materi perubahan wujud benda kooperatif TipeVisual Auditory and Kinesthetic (VAK) dapat dikatakan berjalan dengan lancar. Ini terlihat dari hasil observasi aktivitas guru siklus I dengan persentase 69% dan siklus II dengan persentase 84%. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan persentase 69,3% dan siklus II dengan persentase 84%.  Renspon siswa pada materi perubahan wujud benda dengan menggunakan model pembelajaran Visual Auditory and Kinesthetic (VAK) secara keseluruhan bahwa siswa menyukai proses pembelajaran, dan siswa mau pembelajaran dilaksanakan pada materi-materi lain dengan menggunakan model pembelajaran Visual Auditory and Kinesthetic (VAK).

References

Al-Tabany, Trianto, I. B. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Pustaka Media

Arseen. 2018. Manfaat Lain Kapur Barus di Motor. Cegah Kabel Gampang Putus Nih Bro. https://www.motorplus-online.com/read/251234712/manfaat lain-kapur-barus-di-motor-cegah-kabel-gampang-putus-nih-bro Diakses tanggal 20 Februari 2021

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran, Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Aunurrahman, 2012, Belajar dan Pembelajaran, Bandung Alfabeta

Budiyanto & Agus, K. 2016. Sintaks 45 Model Pembelajaran dalam Student. Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Darmadi, H. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Sosial. Bandung Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke: Cipta

Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hartanti, K. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Vak (Visualisasi, Auditori, Kinestetik) Terhadap Prestasi Belajar Pai Pada Siswa Di Sdn Tlogomulyo Temanggung”. Jurnal Pendidikan Agama Islam 11 (1), 53-64. https://doi.org/10.14421/jpai.2014.111-04.

Ibrahim, M. dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press

Lina, A. & Munadi, T.N. 2014. Penerapan Metode Demontran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Ulee Gle pada Pelajaran Sains Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Tunas Bangsa, ISSN 2355-0066.

Masidjo. 1995. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa Di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Mulabbiyah, Ismiati, dan Ahmad, S. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Fleming-VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Thohir Yasin pada Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Jurusan PGMI. p-ISSN 2087-8389. Vol.10 No.1 2018 p. 57-74

Majjuara, R. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetik (VAK) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN Kalase’rena Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Noorbaiti, R. Noor, F., Sukmawati, R.A. 2018. Implementasi Model Pembelajaran Visual-Auditori-Kinestetik (Vak) Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VII E MTsN Mulawarman Banjarmasin. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 6, Nomor 1, April 2018, hlm. 108 – 116

Nur Khasanah, E.K., Fatimatul, M., Qomaria, N., Laila, K. M. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestetic (VAK) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Natural Science Education Reseach, Vol. 2 No. 2 (2019) e-ISSN: 2654-4210

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Putra, N. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. (Jakarta: Rajawali Pers).

Rukmana, W., Hardjono, N dan Arlita A. O. 2018. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran VAK dan Berbantuan Media Tongkat Tokoh. International Journal of Elementary Aktivitas Education. Volume 2, Number 3, Tahun 2018, pp. 156-164, P-ISSN: 2579 7158 E-ISSN: 2549-6050. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE Open Access

Sardiman, A. M. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Soekanto, S. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Holmes.

Subyantoro, A. 2019. " Karakteristik Individu, Karakteristik Perkerjaan, Karakteristik Organisasi dan Kepuasan Kerja Pengurus yang Dimediasi oleh Motivasi Kerja (Studi pada pengurus KUD di kabupaten Sleman)". Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol.11 No. 1, hal 11-19.

Sudijono, A. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Paja Grafindo. Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Media

Published

2024-03-31