Pembelajaran Menyimak Cerita Anak Mengunakan Model Cooperative Script di Kelas V SD
Keywords:
model pembelajaran cooperative script; keterampilan menyimak; cerita anak.Abstract
Ditingkat sekolah dasar pembelajaran menyimak lebih banyak pada menyimak cerita. Ini memudahkan peserta didik untuk dapat menyerap informasi dari cerita dengan tepat. Model pembelajaran Cooperative Script merupakan salah satu jenis model pembelajaran kooperatif yang dapat membuat anak terlibat aktif dalam pembelajaran menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan data tentang peningkatan kemampuan menyimak siswa kelas V, aktivitas interaksi guru dan peserta didik kelas V SD pada materi menyimak cerita anak dengan mengunakan model pembelajaran Cooperative Script. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan tidak menggunakan analisis statistic. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: terdapat peningkatan kemampuan menyimak siswa kelas V SD Negeri 7 Gandapura melalui penggunaan model pembelajaran Cooperatif Script. Hal ini dapat dilihat pada pelaksanaan tes akhir siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar hanya 53,33% siswa yang mendapat skor ≥70%, kemudian pada siklus II menunjukkan persentase ketuntasan belajar peserta didik lebih meningkat menjadi 86,66% yang mendapat skor ≥70%. Interaksi aktivitas guru dan peserta didik dalam penggunaan model pembelajaran Cooperatif Script pada materi menyimak cerita anak di kelas V SD Negeri 7 Gandapura juga meningkat. Hal ini terlihat dari hasil observasi pada aktivitas guru siklus I memperoleh persentase 86,3% dan siklus Il memperoleh persentase 93,5% mengalami peningkatan sebesar (7,2%) dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas peserta didik siklus I memperoleh persentase sebesar (82,7%) dan siklus II memperoleh persentase (91,75%) mengalami peningkatan sebesar (9,05%) dengan kategori sangat baik. Hasil wawancara diperoleh tanggapan bahwa peserta didik menyukai dan senang serta semangat belajar menyimak cerita anak menggunakan model pembelajaran Cooperatif Script.
References
Amin, & Sumendap, L. Y. S. (2022). 164. Model Pembelajaran Kontemporer. Bekasi : Pusat Penerbitan LPPM.
Azizah Anisatul, Fayakunia Realita Fatamorgana “Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran” Jurnal Auladuna. Institut Agama Islam Negeri Jember https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/auladuna/article/download/475/341
Idanurani Nunung (2021) “Penerapan Strategi Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar”Jurnal Educatio. SD Sukasari Kidul I Kabupaten Majalengka , Volume 7, No. 2, 2021, pp. 361-366https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/download/1021/677
Kurniaman Otang, Muhammad Nailul Huda, (2018) “Penerapan Strategi Bercerita Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas Iii Sd Muhamadiyah 6 Pekanbaru” JurnalPendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Riau, Vol (7) No 2. Oktober 2018https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/download/6284/5732
Maryanti Yuski, Izza Fitri (2022), “Pengaruh Metode Mendongeng Wayang Kulit Terhadap Keterampilan Menyimak Anak” Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Vol. (6) No. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/download/15500/5367
Munar Asyiful, Suyadi (2021) “Penggunaan Media Animasi dalam Peningkatan Kemampuan MenyimakAnak Usia Dini” Journal Of Islamic Early Chidhood Education. Universitas Islam NegeriSunan Kalijaga Yogyakarta, Vol (4) No.2 November 2019 https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/download/13207/6951
Nurjanah Eka, Dhikrul Hakim (2018) “Pengembangan Bahan Ajar Materi Mencerna (Menyimak Cerita Anak)Berbasis Cerita Anak Majalah Bobo Pada Siswa Kelas VI MI Darun Najah 1 Jatirejo Mojokerto” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol. 2 No. 1 Januari 2018http:ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPDhttps://repository.um.ac.id/63390/
Rambe Nurkholidah, Ardila Sari, Dwika Aulia Fitrah Panjaitan, Nur Aisyah Dalimunthe, Liza Umami, Wilda Rahmayani Ritonga (2023) “Analisis Faktor Kecemasan dalam Keterampilan Menyimak terhadap Proses Belajar Anak Kelas VI tingkat Sekolah Dasar saat Menghadapi Ujian Akhir Sekolah” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Sumatera Utara. Vol (4) No. 1https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/6154/2886
Supriyati Ika (2020) “Penerapan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas Viii Mtsn 4 Palu” Jurnal Bahasa dan Sastra. Universitas Tadulako. Palu Sulawesi Tengah, Vol (5) No. 1https://jurnal.itscience.org/index.php/educendikia/article/download/1356/943
Wulandari Novia, Dyah Lyesmaya, Iis Nurasiah (2019), “Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script Di Sekolah Dasar”Journal Of Elementary Education, Vol. 3 (2), Desember 2019https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/download/495/414