Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konduktor dan Isolator Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri

Authors

  • Qurrata Aini Universitas Almuslim

Keywords:

hasil belajar siswa; model inquiri; konduktor dan isolator.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 6 Kuta Blang dalam pembelajaran IPA yang masih rendah khususya pada materi konduktor dan isolator. Hal ini disebabkan karena siswa sulit memahami materi konduktor dan isolator. Selain itu juga karena kegiatan pembelajaran di kelas yang dilakukan masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan pemberian tugas, sehingga motivasi siswa kurang. Dalam penelitianini peneliti menggunakan model Inquiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi konduktor dan isolator. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model Inquiri agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi konduktor dan isolator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan guru di kelas VI SD diperoleh pada siklus I 41%, karena belum mencapai kriteria yang ditetapkan maka harus dilakukan pengulangan siklus II dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88% dan telah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Hasil Observasi siklus I terhadap aktivitas guru diperoleh persentase 85% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Sedangkan dari pihak siswa pada siklus I yaitu 86% meningkat menjadi 91% pada siklus II. Respon siswa belajar dengan model Inquiri menyatakan 89% dan siswa yang tidak senang belajar menyatakan 11%. Dengan demikian hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Inquiri pada materi konduktor dan isolator mendapat respon yang baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Arikunto, Suharsimi, ddk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Aripitoyo. 2010. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan Dinas Pendidikan Nasional.

Djamarah, ddk. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. PT Rineka Cipta.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Khadijah. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Kusnandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Rajagrafindo Persada.

Meleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualtatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2012. Evaluasi Hasil Belajar. Bandung: Pustaka Belajar.

Roestiyah N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Beroriebntasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Kencana.

Syah, Muhibbin. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulistyowati. 2009. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI SD. Jakarta: Pusat Perbukuan Dinas Pendidikan Nasional.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Kencana Prenada Media group.

Published

2024-09-30