Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Melalui Pendekatan Open-Ended di Kelas IV SD

Authors

  • Rita Zahara Universitas Almuslim
  • Jasmaniah Jasmaniah Universitas Almuslim

Keywords:

hasil belajar; Open-Ended; penjumlahan dan pengurangan pecahan.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakang oleh kemampuan siswa kelas IV SD Negeri 4 Muara Dua pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan yang masih tergolong rendah disebabkan kegiatan pembelajaran lebih banyak guru yang menjelaskan sedangkan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan tidak terlibat aktif dengan menggunakan Pendekatan Open-Ended diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, respon siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV SD Negeri 4 Muara Dua. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan wawancara. Data dalam penelitian diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran model pembelajaran open-ended dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung pecahan. Hasil tes siklus I sebesar 65% menjadi pada siklus II menjadi 90% dengan peningkatan sebesar 25%. (2) Pembelajaran model open-ended dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Hasil obsrevasi dua orang pengamat menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I sebesar 89,17% meningkat pada siklus II menjadi 95,83% dan ini mengalami peningkatan 6,67%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 88,33% menjadi 95% pada siklus II dan ini mengalami peningkatan 6,67%. (3) respon siswa terhadap model pembelajaran Open-Ended positif, siswa menyatakan senang belajar materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan model pembelajaran Open-Ended, siswa lebih mudah memahami materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan model pembelajaran Open-Ended, siswa juga mau jika materi lain diajrkan dengan pembelajaran Pendekatan Open-Ended.

References

Katminingsih, Yuni.2010. Pengaruh Model Pembelajaran Open-ended terhadap Hasil Belajar Siswa SD Pada Pokok Bahasa Pecehan. 12 (2) (Online) (blitar.ac.id/23/1/Jurnal_cakrawala_Yuni.pdf).

Moesnono, Djoko. 1993. Matematika 4. Jakarta: Balai Pustaka.

Piaget.J (1974) The Child's Construction of Quantities.London: Routledge & Kegan Paul.

Shimada, S., & Becker J.P. (1997). The Open-Ended Approach. A New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia: NCTM.

Sukahar. 1996. Matematika 6. Jakarta: Balai Pustaka.

Sukayati, dkk. 2009. Modul Matematika SD Program Bermutu. Sleman: Depdiknas.

Sunaryo, R.J. 2007. Gemar Matematika 5. Jakarta: Depdiknas.

Widyasari, 2015. Pengaruh Pendekatan Open-ended Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Gugus III Kabupaten Bangli 4 (1) (Online),(https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7257/4955). Diakses pada 5 Juni 2018

Y.D Sumanto, dkk. 2008. Gemar Matematika 5. Jakarta: Depdiknas

Yaniawati, R. 2003. Pendekatan Open-Ended: Salah satu Alternatif Model Pembelajaran Matematika yang berorientasi pada kompetensi siswa. 102 Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Rosdakarya, 2002).

Lestari, Lestari, Hartono, Yusuf dan Purwoko. (2016). Pengaruh Pendekatan Open-Ended terhadap Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 10 No.1 Januari 2016

Published

2024-09-30