Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian dan Pembagian Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share

Authors

  • Rosdiana Rosdiana Universitas Almuslim

Keywords:

hasil belajar; model pembelajaran Think Pair Shar; perkalian dan pembagian.

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 5 Bireuen pada pelajaran matematika khususnya materi perkalian dan pembagian disebabkan kurang optimal proses pembelajaran yang terjadi di kelas sehingga mengakibatkan motivasi siswa untuk belajar kurang, oleh karena itu peneliti ingin meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, respon siswa pada materi perkalian dan pembagian dengan model pembelajaran Think Pair Share di Kelas III SD Negeri 5 Bireuen. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas III berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan dilakukan dengan tes, observasi dan wawancara. Data hasil penelitian diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share yang dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian. Hasil tes siklus I 69,23% tuntas meningkatkan pada siklus II menjadi 92,31% dan ini mengalami peningkatkan sebesar 23,08%. Model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Hasil obsrevasi dua orang pengamat menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I 82,31% meningkat pada siklus II menjadi 93,85% Aktivitas siswa pada siklus I 78,46% menjadi 93,85%. Respon siswa terhadap model pembelajaran Think Pair Share positif, siswa menyatakan senang belajar materi perkalian dan pembagian dengan model pembelajaran Think Pair Share, siswa lebih mudah memahami materi perkalian dan pembagian dengan model pembelajaran Think Pair Share, siswa juga mau kaku materi lain diajarkan dengan pembelajaran model pembelajaran Think Pair Share. 

References

Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Alamsyah, Y. 2008. Nugget. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Ali.

Daryanto, 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam. Mencapai Tujuain Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum

Lindi. 2015. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Pada Siswa Kelas V SDN Sekaran 01 Semarang. Artikel.

Lie. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Ibrahim, Muhsin dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Munawir. 2012. Faktor-Faktor Penyebab Munurunya Hasil Belajar Warga Belajar Paket B SKB Asahan. Medan

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta: Prenada.

Suprijono. 2009. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar

Winarno. 2012. Kebijakan Publik Teori, Proses, dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS

Published

2024-09-30