INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
Abstrak
Matematika sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan masa depan seseorang. Oleh sebab itu maka pembelajaran matematika pada sekolah sebaiknya bisa membuat siswa untuk dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki, sehingga siswa tersebut mampu untuk mengerjakan dan memahami matematika dengan benar. Model pembelajaran yang dianggap dapat menjadi inovasi dalam pembelajaran matematika adalah pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning). Pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siawa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, dengan melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran kontekstual, yakni : konstruktivisme (constructivism), bertanya (questioning), inkuiri (inquiry), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling), dan penilaian autentik (authentic assessment). Maka penulis ingin mengkaji tentang apa dan bagaimana pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning).Referensi
Bisri, A.M. 2008. Sekitar Pembelajaran Efektif. [Online]. Tersedia: http://pendis.depag.go.id/madrasah/Insidex.php?i_367=at02100015. Diakses 25 Februari 2015
Hamid, Abdul. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan : Universitas Negeri Medan
Johnson, E. B. 2007. Contextual Teaching & Learning. Bandung. MLC
Kansai, Michel. 2009. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual untuk Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Aplikasi Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tesis pada SPS UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. USA : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc
Padmo, D. 1999. Interaksi dalam Proses Belajar Mengajar pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh Melalui Media. Cakrawala Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka
Sudrajat, Akhmad. Pembelajaran Kontekstual (CTL). [Online]. Tersedia: https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/29/pembelajaran-kontekstual/. Diakses 5 Desember 2016
Tanpa nama. 2004. Keunggulan dan Kelemahan Pembelajaran Konstektual (CTL). [Online]. Tersedia http://www.m-edukasi.web.id/2014/08/keunggulan-dan-kelemahan-pembelajaran.html. Diakses 5 Desember 2016
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana