UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGALI INFORMASI TEKS BACAAN DENGAN STRATEGI PQ4R PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KUALA

Penulis

  • Zulkarnaini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim

Kata Kunci:

Menggali Informasi dari Teks Bacaan, Strategi PQ4R.

Abstrak

Pemahaman informasi bacaan tidak memadai bagi siswa kelas IV SD Negeri I Kuala. Membaca teks bacaannya belum tertata secara sistematis, sehingga informasi penulis terabaikan begitu saja dan mudah terlupakan. Selama penelitan tindakan kelas menerapkan strategi PQ4R sebagai alternative bagi siswa tersebut. Melalui pengumpulan data berupa tes, observasi dan wawancara, maka diperoleh titik terang permasalahan siswa tersebut. Hanya penerapan strategi PQ4R dapat meningkatkan kemampuan menggali informasi dari teks bacaan. Begitu pun tes awal46.875% dan tes akhir siklus I diperoleh ketuntasan 52,5% termasuk kategori sangat kurang. Akan tetapi siklus II diperoleh ketuntasan 80,83% yaitu dengan kategori baik. Akivitas guru dan siswa selama  pembelajaran di siklus I rerata 82,5% dan siklus II rerata 85,5% dengan kategori baik juga. Sedangkan aktivitas siswa di siklus I memperoleh rata-rata 83,12% dan meningkat pula 86,8% di siklus II dengan kategori baik. Respon siswa selama proses pembelajaran, siswa merasa senang belajar dengan strategi PQ4R karena memudahkan siswa menggali informasi dari teks bacaan.

Referensi

Arikunto, S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta.

Arikunro, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka.

Badliah. 2012. Peningkatan Kemampuan Memahami Teks Bacaan dengan Strategi PQ4R pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Juli Kabupaten Bireuen. (Skripsi). Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Universitas Almuslim.

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Elliani. 2012. Penerapan Strategi Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimpulkan Informasi yang Diperdengarkan pada Siswa Kelas VIII MTsN Gampong Teungoh Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara. (Skripsi) Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Universitas Almuslim.

Istarani.2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada.

Moleong, 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Madiyah, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas Syiah Kuala

Nigrum. 2013. Pengembangan Strategi Pembelajaran. CV. Putra Setia: Bandung.

Nurhadi. 2008. Membaca Cepat dan Efektif. Sinar Baru Algensindo.

Sanjaya, W. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa: Bandung.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-03-30