Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Sumber Daya Alam Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD
Kata Kunci:
Pemahaman Siswa; Contextual Teaching and Learning (CTL); Sumber Daya Alam.Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan pemahaman siswa materi sumber daya alam di Kelas IV SD Negeri 7 Jeumpa Bireuen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan yang peneliti gunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan tes, observasi dan angket respon siswa. Data dianalisis dengan menghitung daya serap siswa, persentase aktivitas guru dan siswa dan persentase respon siswa terhadap pembelajaran yang berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus pertama yaitu sebesar 57% siswa yang telah tuntas dan meningkat pada siklus kedua menjadi 82% siswa yang telah tuntas dengan persentase peningkatan mencapai sebesar 25%. Hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas guru diperoleh persentase pada siklus pertama sebesar 81% dan siklus kedua menjadi 97,5%. Sementara untuk persentase aktivasi siswa pada siklus pertama yaitu 82,5% dan meningkat pada siklus kedua menjadi 92,5%. Hasil respon siswa berdasarkan angket yang dibagikan kepada siswa mendapatkan persentase sebesar 77,92% siswa menyatakan setuju belajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi sumber daya alam.
Referensi
Annurrahman, 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Asrori, M. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.
Chizbullah 2017. Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Menunjukan Jenis dan Persebaran Sumber Daya Alam. Jurnal Pena Ilmiah: Vol 2, No 1 2017.
Sitiasih, Ni Made. 2019. Implementasi Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Fakultas Dharma Acarya Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.
Sudjana, Nana. 1992. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Trianto.2008. Mendesain Model Pembelajaran Inofatif- Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.
Warsiti. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Konsep Dasar IPS 1 pada Mahasiswa Program S1 PGSD Kampus Kebumen FKIP. UNS Tahun Akademik 2011. Begawan Jurnal Pendidikan Volume 02 Tahun 2013