Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assinted Indivizualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Materi Bangun Datar

Penulis

  • Mutia Mutia Universitas Almuslim
  • Jasmaniah Jasmaniah Universitas Almuslim

Kata Kunci:

Hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe TAI; bangun datar.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika khususnya materi bangun datar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan serta respon siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi bangun datar di kelas III SD Negeri 3 Peusangan Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui data hasil belajar, data aktivitas guru dan siswa dan data respon siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 3 Peusangan Selatan yang berjumlah 18 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar di kelas III SD Negeri 3 Peusangan Selatan. Pada siklus I diperoleh persentase 39%, sedangkan pada siklus II diperoleh persentase yaitu 94% dengan peningkatan sebesar 55%. Hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Aktivitas guru pada siklus I 75,7% kemudian pada siklus II menjadi 92,3% mengalami peningkatan sebesar 16,6%. Sedangkan aktivitas siswa pada setiap siklus I diperoleh persentase 75,2% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 92% mengalami peningkatan sebesar 16,8%. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan Model Cooperative Tipe TAI positif karena siswa sangat senang belajar pembelajaran matematika pada materi Bangun datar.

Referensi

Agus Susanto, Herry dan Utami Murwaningsih. 2015. “Improving Student’s Activity in Mathematics Communication Trough Metacognitive Learning Approach Based on Lesson Study”. International Journal of Education and Research 3(2): 169-180.

Amalia, R=. Saputro, Sulistyo, dkk (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran TAI dan STAD Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dengan Memperhatikan Kemampuan Awal Dan Kemampuan Matematik”. Jurnal Inkuiri 3(11): 86 – 96.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke. Cipta

Emzir, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Faturrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif, Jogjakarta: Ar-RuzzMedia.

Muslich, Masnur. (2012). Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurzakiaty. I. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Pembelajaran Integral di Kelas XII IPA SMA N 8 Banda Aceh. Jurnal Peluang, Volume 3, Nomor 2, April 2015.

Pardosi, R., & Kristian. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Ilmu Bahan Bangunan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Balige. Jurnal Education Building, 2(1), 55–63.

Pardosi, R., & Kristian. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Ilmu Bahan Bangunan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Balige. Jurnal Education Building, 2(1), 55–63.

Ramlan. 2013. Meningkatkan Self-Efficacy Pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas Viiasmp Negeri 27 Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (Mapan) 1(1): 110-112.

Sudjana, Nana. 2014. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar. Baru Algensido Offset.

Suwardi, dkk. 2014. “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Pada Anak Usia Dini”. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora 2(4): 297-305

Suyitno, Amin, 2017, Pemilihan Model-Model Pembelajaran dan Penerapannya di Sekolah, Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis Keagamaan-Depag.

Ujiati Cahyaningsih. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 4 No.1 Edisi Januari 2018. p-ISSN: 2442-7470. e-ISSN: 2579-4442

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-31