Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Pembagian Tiga Angka Kelas IV Sekolah Dasar

Penulis

  • Ayu Muspika Universitas Almuslim
  • Novianti Novianti Universitas Almuslim
  • Mauliana Wayudi Universitas Almuslim

Kata Kunci:

Analisis; Komunikasi_Matematis; Pembagian Tiga Angka.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dalam membaca kalimat matematika pada materi pembagian tiga angka. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis serta mengetahui faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis di UPTD SD Negeri 3 Percontohan Peusangan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis siswa dan wawancara. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa kemampuan matematis siswa masih kurang terutama dalam indikator kemampuan komunikasi dengan menyimpulkan pertanyaan matematika pada pembagian tiga bilangan dan indikator kemampuan menjelaskan ide-ide matematika dalam menyelesaikan masalah pembagian tiga bilangan.

Referensi

Astri Ayu, Y., Kurniati, Y., Fauziah, A., & Amir Kurnia, R. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Menerapkan Teori Pirie Kieren. ISEJ : Indonesian Science Education Journal, 2(2), 90-98. Retrieved from https://www.siducat.org/index.php/isej/article/view/270

Atikah, N., Karjiyati, V., & Noperman, F. (2020). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika Tabut terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IV SDN di Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 25-32. https://ejournal.unib.ac.id/juridikdasunib/article/view/11894

Hidayat, S. R., Ermawati, D., & Rondli, W. S. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1677-1684. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/5478

Melinda, V. ., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1526–1539. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.618

NCTM. (2000) Principles N. Standards for school mathematics Reston, VA Natl. Counc. Teach. Math.

Putri, A. D., Syutaridho, S., Paradesa, R., & Afgani, M. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Melalui Inovasi Pembelajaran Berbasis Proyek. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 135-152. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1884

Ritonga, Siti Nurcahyani. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika HIFZIL Qur’an Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Selatan.

Rizqi, A. A. (2016). Kemampuan komunikasi matematis siswa melalui blended learning berbasis pemecahan masalah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 191-202). https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21457

Siahaan, M. M. L. & Napitupulu, E. E. (2018). The Difference of Students’ Mathematical Communication Ability Taught by Cooperative Learning Model Think Talk Write Type and Numbered Head Together Type. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 8, No. 3 Tahun 2018. Salatiga: UKSW.

Sianturi, Y. M. N., Simamora, R., & Simarmata, G. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Siantar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 6568–6581. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8617

Susanti et al. (2019). Pengaruh Project Based Learning Berbasis Media Interaktif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 8(3): 354. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/2203/pdf

Sya'adah, A. N., & Samsudin, A. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pembagian Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2241-2250. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.519

Wahyuningsih, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IX C Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan, 3(4), 301-108. https://doi.org/10.28926/jpip.v3i4.1175

Yanti, H., Zaenuri, Z., & Walid, W. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi di Pondok Pesantren Anshor Al Sunnah. Jurnal Kajian dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 42-53. http://dx.doi.org/10.17977/um076v5i12021p42-53

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-31