Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Tema 3 Maanan Sehat Pada Materi Organ Pencernaan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Penulis

  • Nanda Rizki Universitas Almuslim

Kata Kunci:

hasil belajar; model jigsaw; organ pencernaan manusia.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa, serta respon siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pada tema 3 Makanan sehat dengan organ pencernaan manusia. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Gandapura yang berjumlah 28 Siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, angket respon dan tes pilihan ganda yang diberikan pada akhir setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa: 1) Penggunaan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Gandapura pada pada tema 3 Makanan sehat dengan materi organ pencernaan manusia. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah siswa yang tuntas dalam belajar yaitu 61% pada siklus I dan jumlah siswa yang tuntas pada siklus II yaitu 89%; 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Gandapura pada tema 3 Makanan sehat dengan materi organ pencernaan manusia dan 3) Respon siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada tema 3 Makanan sehat dengan materi organ pencernaan manusia di kelas V SD Negeri 1 Gandapura menunjukkan hasil yang sangat baik. Hal ini terlihat respon senang adalah 90% dan respon tidak senang sebesar 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 3 Makanan sehat dengan materi organ pencernaan manusia di kelas V SD Negeri 1 Gandapura.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Putra.

Azmiyawati, Yuni Yanasti. 2008. IPA Salingtemas 5 untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Depdiknas

Djamarah, dkk. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Penerbit: PT Rineka Cipta.

Fitriani, Dewi Yusnita. 2008. Biologi untuk SMP Kelas VIII. Prestasi Pustaka: Bandung.

Istarani. 2011. 58 Model-Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Moleong, lexy J. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2012. Evaluasi Hasil Belajar. Penerbit: Pustaka Pelajar.

Rusman, 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Syah, Muhibbin. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana. Nana.2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Subyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit: Universitas Diponegoro Semarang.: CV. Widya Karya Semarang.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjiono. 2005. Kriteria Penilaian Hasil Belajar. Kencana: Jakarta.

Trianto, 2009. Mendesain model pembelajaran Inovatif-Progresif da implementasi pada Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Usman, Erni Maidiyah. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas Syiah Kuala.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-30