Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Manusia Setelah Penemuan Baterai Melalui Model Pembelajaran PAKEM

Penulis

  • Nurmasyitah Nurmasyitah Universitas Almuslim

Kata Kunci:

PAKEM; hasil belajar; materi perubahan manusia setelah ditemukan baterai.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa dengan menggunakan model PAKEM pada materi perubahan manusia setelah ditemukan baterai. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang dilakukan dalam empat tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 16 Bireuen sebanyak 28 orang siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes siklus, lembar observasi dan angket respon siswa. Analisis data dilakukan dengan menyajikan dan menyimpulkan hasil pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 16 Bireuen pada materi perubahan manusia setelah ditemukan baterai menggunakan model pembelajaran PAKEM pada tes awal sebesar 25,00%, pada siklus I meningkat sebesar 60,71% meningkat kembali menjadi 85,71% pada siklus II. Aktivitas guru dan siswa di kelas VI SD Negeri 16 Bireuen pada materi perubahan manusia setelah ditemukan baterai pada siklus I di peroleh skor persentase rata-rata 76,67% meningkat menjadi 91,67% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa siklus I di peroleh skor persentase rata-rata 71,67% meningkat menjadi 86,67% pada siklus II. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran PAKEM pada materi perubahan manusia setelah ditemukan baterai mendapat respon yang positif. Hasil angket menunjukkan II siswa yang memilih jawaban “Ya” meningkat menjadi 81,79% dari 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa dengan menggunakan model PAKEM pada materi perubahan manusia setelah ditemukan baterai.

Referensi

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Lie, Anita. 2005. Cooperatif Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana

Hamalik, Oemar. 2006. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: UPI.

Purwanto, N. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rithayanti, Ni Wayan Nunik., dkk. 2014. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Berbantuan Media Grafis terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Srikandi Denpasar. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol: 2 No: 1

Rusman. 2012. Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru

Sudjiono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Umami, Chotibul. 2020. Penerapan Model Pengajaran Terarah Melalui PAKEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VI SD Negeri Kebonagung 01 Kecamatan Sukodono Lumajang Semester Ganjil Tahun 2019/2020. Pitaloca vol. 6 no. 3

Wahidmurni, dkk. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Nuha Litera

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-30