Meningkatkan Kemampuan Membaca Isi Petunjuk Pemakaian Suatu Alat Melalui Model The Learning Cell

Penulis

  • Rohani Rohani Universitas Almuslim

Kata Kunci:

hasil belajar; the learning cell; membaca isi petunjuk.

Abstrak

Membaca merupakan salah satu dari empat aspek keterampilan berbahasa. Permasalahan yang terjadi di sekolah sekarang, pembelajaran membaca masih kurang bervariasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan perhatian yang serius bagi guru serta terampil dalam memilih, menetapkan, dan menggunakan metode yang tepat dan cara pelaksanaan yang benar, baik dalam penggunaan media maupun penerapan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran The Learning Cell. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta respon siswa dalam pelaksanaan pembelajaran pada materi membaca isi petunjuk pemakaian suatu alat melalui model pembelajaran The Learning Cell pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Peusangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Peusangan yang berjumlah 15 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan Model pembelajaran The Learning Cell dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Peusangan pada materi membaca isi petunjuk pemakaian suatu alat. Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan pada tindakan siklus I mencapai 73,33%, dan pada pelaksanaan tindakan siklus II meningkat menjadi 86,67%. Aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran sudah termasuk dalam kategori sangat baik dan siswa terlihat sangat antusias dalam pelaksanaan pembelajaran. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa senang belajar secara kelompok, mereka menyatakan bahwa belajar kelompok lebih menyenangkan daripada belajar secara individual.

Referensi

DP.Tampubulon. 1987. Kemampuan Membaca (Teknik Membaca Efektif dan Efisien). Bandung: Angkasa

Iskandarwassid & Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Rahim, Farida. 2008.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta : Bumi Aksara

Rofi’ah. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu Dengan Metode Investigasi Kelompok dan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas VIIIE SMP Negeri 10 Tegal.Universitas Negeri Semarang

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2008.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learing. Jogyakarta: Pustaka Pelajar

Tarigan, Henry Guntur.2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Aksara Bandung

Zaini, Hisyam.2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yokyakarta: Pustaka Insan Madani

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-30