Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Pemahaman Dongeng Menggunakan Strategi Directed Reading Thinking Activity

Penulis

  • Rita Zahara Universitas Almuslim
  • Zulkarnaini Zulkarnaini Universitas Almuslim

Kata Kunci:

Membaca Pemahaman, Dongeng, DRTA.

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman dongeng, aktivitas guru dan siswa, serta respon siswa kelas IV SD Negeri 27 Peusangan pada pelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi DRTA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data seluruh siswa kelas IV SD Negeri 27 Peusangan yang berjumlah 13 orang siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil observasi kegiatan guru yang diperoleh 78,12% termasuk kategori cukup dan hasil observasi   kegiatan siswa diperoleh 75,56% termasuk kategori cukup pada siklus I. Akan tetapi mengalami peningkatan pada siklus II untuk hasil observasi kegiatan guru menjadi 94,37% termasuk kategori sangat baik. Hasil observasi kegiatan siswa mencapai 93,12% termasuk kategori sangat baik.  Hasil tes akhir. Siswa siklus satu di peroleh data ketuntasan 7 orang siswa dengan persentase 53,84%, dan 6 orang siswa tidak tuntas dengan persentase 46,15% maka kemampuan membaca pemahaman dongeng siklus I belum berhasil. Kemudian dilanjutkan ke siklus II hasil tes siswa diperoleh 100% tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran DRTA dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dongeng pada siswa kelas IV SD.

Referensi

Alek dan Achmad. 2011. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ardini, Pupung, Puspa. 2012. ‘Pengaruh Dongeng dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7–8 Tahun. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo. Dalam Jurnal Pendidikan Anak Vol 1 Edisi 1 Hal. 44 –58.

Arikunto. S, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Abdurrahman, dkk. 2014. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran: Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Siswa Kelas VIII 5 MTsN Kamang Kabupaten Agam. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang. Vol 2. No. 3. http://ejournal.unp.ac.id/index.php /bsp/article/download/5025/3977 [Januari/7/2021]

Ginting, Br. F. 2019. Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas IV Di SD Negeri 2 Kemiling Permai. Bandar Lampung: Bandar Lampung: Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung. Tersedia [Online] http://repository.radenintan.ac.id/8230/

Hermansyah, F. 2016. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V di MIN 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Bandar Lampung: Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Moleong, L. J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maryati. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Benda dan Sifatnya Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Kelas V SD Negeri 1 Simpang Keramat. Skripsi PGSD Matanglumpangdua: Universitas Almuslim.

Riyadi, R. A., dkk. 2018. Jurnal Pendidikan Dasar: Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. FKIP UPI. https://ejournal.upi.edu/index.php/jp gsd/article/download/14068/8137. [Januari/7/2021].

Rahim, Farida. 2007. Pengaaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Resmini, N. dan Hartati, T. 2006. Kapita Selekta Bahasa Indodenesia. Bandung: UPI Press.

Rahayu, Dian, Risky.2016. Pengembangan Media Membaca Dongeng Menggunakan Video Stop Motion Berdialek Banyumas Untuk Sekolah Dasar. Semarang. Skripsi Fakultas Bahasa dan Seni UNES. http://lib.unnes.ac.id/29091/1/2601411060.pdf

Soedarso. 2012. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia.

Tarigan, Guntur, Henry. 2008. Membaca Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.Tampubulon. 2008. Kemampuan membaca dan teknk membaca efektif dan efisien. Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun KBI. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-31